5/23/2018

Tes Psikologi - Psikotes Gambar Dengan Nilai IQ 183

Tes Psikologi atau Tes Psikotes yang akan dibahas kali ini adalah mengenai Cara mengerjakan Psikotes Gambar untuk mendapatkan nilai IQ 183, yang merupakan nilai IQ tertinggi. Psikotes gambar yang dalam bahasa psikologi disebut dengan nama Tes CFIT atau Culture Fair Intelligence Test yaitu tes psikologi untuk mengukur angka kecerdasan dan taraf kecerdasan seseorang. Kecerdasan biasa disebut IQ atau Intelegence Quotient yaitu ukuran kemampuan atau aspek intelegensi manusia dalam hal kecerdasan umum, sistematika berfikir, kekritisan berfikir, fleksibilitas berfikir, dan kemampuan analisa masalah. 


Soal Psikotes dalam hal ini psikotes gambar atau CFIT dibagi menjadi 4 subtes dengan jumlah soal psikotes yang berbeda-beda dan dengan waktu yang sangat singkat, yaitu :
  • Subtes 1 adalah untuk mengukur Sistematika Berfikir atau Kemampuan berpikir secara runtut untuk memahami masalah yang saling berkesinambungan
  • Subtes 2 adalah untuk mengukur Kekritisan Berpikir atau Kemampuan memahami hal-hal detail dan kritis untuk mengindentifikasi masalah
  • Subtes 3 adalah untuk mengukur Fleksibilitas Berpikir atau Kemampuan mencari solusi permasalahan
  • Subtes 4 adalah untuk mengukur Analisa Masalah atau Kemampuan melihat sumber permasalahan
  • Total dari keseluruhan subtes untuk mengukur Potensi Kecerdasan atau kemampuan dasar umum

Contoh Soal Psikotes


Contoh Soal Psikotes dibawah ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban, sehingga dapat menjadi pedoman bagi siapa saja yang menginginkan lulus mengerjakan psikotes gambar atau CFIT dengan nilai sempurna yaitu IQ 183 dengan kategori taraf kecerdasan Jenius.

Subtes 1
Waktu: 3 menit
Jumlah: 12 soal
Instruksi:
Di bagian atas ada 4 buah kotak. Di bawahnya ada 6 kotak yang menjadi pilihan jawaban
Di kotak pertama ada panah ke bawah. Di kotak kedua, panah ke kiri. Di kotak ketiga, panah ke atas. Tapi di kotak keempat itu kosong. Pilihlah dari 6 kotak pilihan jawaban, mana pilihan yang tepat untuk mengisi kotak keempat. Lanjutkan dengan menjawab soal no 2 dan seterusnya dan kerjakan secepat-cepatnya.

Kunci Jawaban dari Contoh tes psikotes subtes 1 CFIT diatas adalah :

  1. B
  2. C
  3. B
  4. D
  5. E
  6. B
  7. D
  8. B
  9. F
  10. C
  11. B
  12. B

Subtes 2
Waktu: 4 menit
Jumlah: 14 soal
Instruksi:
Dari 5 gambar yang terdapat dalam kotak, pilihlah 2 gambar yang paling berbeda dari lainnya dan kerjakan secepat-cepatnya.

Kunci Jawaban dari Contoh tes psikotes subtes 2 CFIT diatas adalah :
  1. B & E
  2. A & E
  3. A & D
  4. C & E
  5. B & E
  6. A & D
  7. B & E
  8. B & E
  9. A & D
  10. B & D
  11. A & E
  12. C & D
  13. B & C
  14. A & B

Subtes 3 
Waktu: 3 menit
Jumlah: 13 soal
Instruksi:
Di dalam soal ini, ada 4 buah kotak. Setiap kotak ini memiliki pola-pola tertentu. Tugas Anda adalah mencari pola pada setiap kotak, kemudian tentukan jawaban yang paling tepat berdasarkan pola yang terbentuk dan kerjakan secepat-cepatnya.

Kunci Jawaban dari Contoh tes psikotes subtes 3 CFIT diatas adalah :
  1. E
  2. E
  3. E
  4. B
  5. C
  6. D
  7. E
  8. E
  9. A
  10. A
  11. F
  12. C
  13. C

Subtes 4
Waktu: 2,5 menit
Jumlah: 10 soal
Instruksi:
Di dalam setiap kotak soal, terdapat sebuah titik. Tugas anda adalah mencari titik dan mencari prinsip dari titik tersebut dan kerjakan secepat-cepatnya.

Kunci Jawaban dari Contoh tes psikotes subtes 4 CFIT diatas adalah :
  1. B
  2. A
  3. D
  4. D
  5. A
  6. B
  7. C
  8. D
  9. A
  10. D


Soal Tes Psikologi. Setelah selesai mengerjakan soal Psikotes gambar diatas dengan jawaban yang benar sesuai dengan kunci jawaban, maka akan keluar penilaian seperti format penilaian dibawah ini :

Load disqus comments

0 komentar